Sabtu, 29 September 2012

SAP PEMB. SPI


SILABUS

Mata Kuliah    : Pembelajaran SPI
Jurusan            : Tarbiyah
Progran Studi : PAI Kualifikasi
Smester           : VII
SKS                 : 2
Dosen              : Agus Dian Alirahman

I.                   Kompetensi Mata kuliah
Membangun dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk merencanakan berbagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran yang terencana.

II.                Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memuat tentang :
1.      Konsep dasar pembelajaran SPI
2.      Prinsip-prinsip dan perencanaan pembelajaran SPI
3.      Sumber belajar dan Media pembelajaran SPI
4.      Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran SPI
5.      Pengelolaan kelas pembelajaran SPI
6.      Pembelajaran berbasis pengalaman dalam pembelajaran SPI
7.      Pembelajaran berbasis lingkungan dalam pembelajaran SPI
8.      Pembelajaran berbasis Masyarakat dalam pembelajaran SPI
9.      Kesulitan-kesulitan impelementasi pembelajaran SPI
10.  Keunggulan dan kelemahan pembelajaran SPI

III.             Bentuk Kegiatan
Mata kuliah ini akan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menekankan partisipasi aktif mahasiswa baik berupa klasikal dan non kalsikal.

IV.             Sumber Acuan
Wina Sanjaya, (2007). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Mdia Group
Syaeful Bahri Djamarah, Aswan Zain, (2002). Strategi Belajar Mengajar: Jakarta: Rineka Cipta
Ad. Rooijakkers, (2008). Mengajar dengan sukses. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Hamalik Oemar (2009), perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan system, Bandung Bumi Aksara
Nasution S. (2006). Asas-asa kurikulum Bandung. Jemmars Bandung.
Sanjaya W. (2009), Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta
Kencana.Sugihartono, Kartika NF, DKK (2007),Psikologi pendidikan. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Suharjo, (2006) Mengenal pendidikan sekolah dasar teori dan praktik. Jakarta DEPDIKNAS
Syaiful B.D, Aswan Z, (2006). strategi belajar mengajar. Jakarta, Rinekacipta
Rahman Arif. (2009), Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan, Yogyakarta : Laksbang Mediatama Yogyakarta.
Semua literatur perencanaan dan strategi Pembelajaran

V.                Penilaian
No Aktivitas Bobot (%) Keterangan
1.      Kehadiran Kuliah                        20
2.      Partsipasi dalam Perkuliahan        10
3.      Tugas-tugas                                 15
4.      Ujian Tengah Semester                 25
5.      Ujian Akhir semester                    30
                                                          Jumlah             100 % 




Mengetahui,
Dosen Pengampu



Agus Dian Alirahman, S.Pd.I., M.Pd.I