Jumat, 31 Oktober 2014

Materi Peradaban Islam di Spanyol

http://augustdean.blog.com/files/2014/11/PERADABAN-ISLAM-DI-SPANYOL.doc

7 komentar:

  1. Masa kejayaan Islam di Eropa terutama di Spanyol merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kita umat Islam masa sekarang ini, karena di negara yang sekarang mayoritas non muslim, dahulu pernah menjadi kiblat pengetahuan dunia Islam yg menjadi pesaing Baghdad di Irak dan juga memiliki penduduk muslim terbesar di Eropa.Materi ini menarik, karena berisi tokoh-tokoh Islam yang mempelajari Ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kemajuan peradaban Islam di Eropa terlebih di Spanyol yang berlangsung lebih dari tujuh setengah abad itu dipengaruhi oleh kemajuan intelektual yang di dalamnya terdapat ilmu filsafat, sains, fikih, musik dan kesenian, begitu juga dengan bahasa dan sastra, dan kemegahan pembangunan fisik. Faktor pendukung terbesarnya adalah adanya penguasa-penguasa yang kuat dan berwibawa, yang mampu mempersatukan kekuatan-kekuatan umat Islam, seperti Abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman al-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nashir

    BalasHapus
  4. Setelah berahirnya periode klasik Islam, ketika Islam memulai memasuki masa kemunduran, Eropa bangkit dari keterbelakangannya. Kebangkitan itu bukan saja terlihat dalam bidang politk, dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan politiknya. Kemajuan kemajuan Eropa ini tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol. Dari Spanyol Islamlah Eropa banyak menimba ilmu. Pada periode klasik, ketika Islam mencapai masa keemasannya, Spanyol merupakan pusat peradaban Islam yang sangat penting, menyaingi Baghdad di timur. Ketika itu, orang orang Eropa Kristen banyak belajar di perguruan perguruan tinggi Islam disana. Islam menjadi “guru” bagi orang Eropa. Karena itu, kehadiran Islam di Spanyol banyak menarik perhatian para sejarahwan. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang Islam di Spanyol

    BalasHapus
  5. Kemajuan Islam di Eropa merupakan kemajuan yang luar biasa, dan merupakan sebuah kebanggaan bagi kami umat islam. Umat Islam mencapai puncak kejayaan pada masa peradaban ini, dan banyak kemajuan yang luar biasa, kemajuan intelektuat mulai dari filsafat, sains,fiqh, musik dan kesenian, bahasa dan sastra dan kemajuan fisik, banyak gedung/bangunan yang berkarakter islamic di eropa sampai saat ini dan itu merupakan bukti dari sejarah peradaban islam yg masih bisa kita saksikan sampai saat ini.

    BalasHapus
  6. Setelah berakhirnya periode klasik Islam, ketika Islam mulai memasuki masa kemunduran, Eropa bangkit dari keterbelakangannya. Kebangkitan itu bukan saja terlihat dalam bidang politik dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan politiknya. Kemajuan-kemajuan Eropa ini tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol. Dari Spanyol Islamlah Eropa banyak menimba ilmu. Pada periode klasik, ketika Islam mencapai masa sangat penting, menyaingi Baghdad di Timur. Ketika itu, orang-orang Eropa Kristen banyak belajar di perguruan-perguruan tinggi Islam di sana. Islam menjadi “guru” bagi orang Eropa. Karena itu, kehadiran Islam di Spanyol banyak menarik perhatian para sejarawan.

    BalasHapus
  7. bismillah,,
    spanyol trmasuk salah satu negara di benua eropa, yang terdengar saat ini di telinga kita bukanlah negara yg menjunjung tinggi nilai islam. Akan tetapi berkat penaklukan yang di lakukan umat muslim pada masa itu, maka lahirlah peradaban islam di spanyol. bahkan spanyol menjadi pusat peradaban islam di eropa. itu menunjukkan betapa majunya politik dan kemiliteran umat islam pada masa itu. dan tidak hanya itu, bersamaan dengan kemajuan militer dan politik tentunya pesatnya perkembangan keilmuan di spanyol tidak di pungkiri adanya. salah satunya yaitu dari kemajuan sastra dan bahasa.nBahasa Arab telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Hal itu dapat diterima oleh orang-orang Islam dan non-Islam. Bahkan, penduduk asli Spanyol menomor duakan bahasa asli mereka. Mereka juga banyak yang ahli dan mahir dalam bahasa Arab, baik keterampilan berbicara maupun tata bahasa. Mereka itu antara lain: Ibn Sayyidih, Ibn Malik pengarang Alfiyah, Ibn Khuruf, Ibn Al-Hajj, Abu Ali Al-Isybili, Abu Al-Hasan Ibn Usfur, dan Abu Hayyan Al-Gharnathi.
    dan sampai saat ini, khususnya para santri, masih mengkaji karya monumental dari andalusia spanyol, yaitu kitab alfiyah ibnu malik yang menjadi salah satu peninggalan besar peradaban islam di spanyol dalam bidang ilmu sastra dan tata bahasa arab.
    والله اعلم

    BalasHapus