Kamis, 31 Maret 2016

Tugas Mahasiswa

Tugas Mahasiswa
MK. Strategi Pemb. SPI
Smt VI PAI 


Strategi pembelajaran SPI tidak hanya mampu merangsang para peserta didik untuk belajar menjadi lebih aktif tetapi mampu pula menyuguhkan suasana yang aplikatif. Inquiry tidak hanya mampu memberikan nuansa bermakna dalam KBM, tetapi mampu membawa para peserta didik belajar dengan kebutuhannya. Dewasa ini perubahan banyak mempengaruhi dunia pendidikan dan pengajaran. Sebagai seorang tenaga pengajar tentu harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan para peserta didik termasuk sebagai sebuah pembaharuan menuju keberhasilan.
Proses aplikasi inquiry sebagai sebuah metode memiliki tahapan yang jelas, dimulai dari proses orientasi sampai dengan kesimpulan. Proses tersebut tentu akan menentukan kualitas keberhasilan dalam usaha menghantarkan peningkatan kualitas KBM.
Silahkan Anda tulis fase orientasi saja dari penugasan yang telah diterapkan dalam kelompok masing-masing. Jawaban ditulis pada kolom komentar Blog ini. Tugas ini dikerjakan secara kelompok. 

2 komentar:

  1. pada tahapan orientasi guru bertanggung jawab untuk membina suasana pembelajaran yang responsif. orientasi ini menjadi tahapan yang paling menentukan keberlangsungan peroses pembelajaran, strategi inkuiri akan berjalan dengan baik ketika siswa mempunyai dorongan kuat untuk menggunakan kemampuan berfikirnya dalam memecahkan masalah. (kelompok 6 nesha, inayah, herlina) sumber : buku ragam model mengajar yang mudah diterima murid

    BalasHapus
  2. Fase orientasi adalah langkah untuk membina suasana agar kondusif. Pada langkah ini guru mengondisikan agar siswa siap melaksanakan proses pembelajaran. Sebagai langkah untuk mengkondisikan agar siswa siap menerima pelajaran, pada langkah orientasi dalam SPI, guru merangsang dan mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah. Langkah orientasi merupakan langkah yang sangat penting. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam tahapan orientasi ini adalah :
    • Menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
    • Menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan. Pada tahap ini dijelaskan langkah-langkah inkuiri serta tujuan. Pada tahap ini dijelaskan langkah-langkah inkuiri serta tujuan setiap langkah, mulai dari langkah merumuskan masalah sampai dengan merumuskan kesimpulan.
    • Menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan motivasi belajar.
    (source: http://model-pembelajaranku.blogspot.co.id/2015/03/langkah-pelaksanaan-strategi.html)

    (kelompok 3: Alawiya Sholicha & Minhatul Maula)

    BalasHapus